Selasa, 13 Desember 2011

Wuih.....Ikan Purba yang udah Punah ada di Indonesia


Assalamualaikum gan,apa kabar semua ? semoga baik2 aja yah.sebelum kita masuk ke topik utama sebelum nya saya mau ngucapin selamat tahun baru 2011 yah.semoga kedepan nya di tahun 2011 ini kehidupan kita dan tentunya bangsa indonesia makin baik,amin.
nah kali ini kita akan membahas salah satu fauna indonesia.tapi kali ini bukan sekedar fauna,tapi ini super fauna.karena fauna ini udah dinyatakan telah punah jutaan tahun yang lalu.Coelacanth,itu lah nama fauna ini.fauna ini berjenis ikan(pisces).para ilmuwan menyatakan ikan ini telah punah 65 tahun yang lalu dan hidup di zaman Cretaceous.namun pada tahun 1938 salah satu spesies ikan ini ditemukan disebuah sungai di Afrika Selatan,selain di afsel ikan ini juga pernah ditemukan di sekitar daerah di afrika seperti di tanzania,kenya,komoro dan madagaskar.namun di kawasan asia ikan in hanya ditemukan di wilayah sulawesi,indonesia.






Di Manado dinamakan Ikan Raja Laut
Well,seperti yang telah saya sampaikan sebelum nya klo di wilayah asia ikan ini ada di perairan sulawesi.namun lebih tepatnya diperairan sekitar sulawesi utara.sebenarnya nelayan lokal sudah mengenal lama Coelacanth ini,namun disana mereka menamakan nya ikan raja laut.karena besar tubuh nya dan termasuk ikan yang susah terjaring karena ikan ini tinggal di dasar laut yang dalam.barulah pada tahun 1998 ikan ini tertangkap jaring nelayan dan oleh nelayan setempat dikirim oleh ke seorang peneiliti yang berasal dari AS.
akhirnya setelah itu baru lah dunia tahu kalau selain di afrika,ternyata ada habitat ke 2 ikan raja laut ini.yaitu di perairan sulawesi,penemuan berikutnya pun berhasil ditemukan pada bulan mei 2007.ikan ini juga di klaim hidup di Taman Bawah Laut Bunaken dan berhasil memotret ikan ini berenang bebas oleh beberapa penyelam.




Nah gan,sampai disini dulu yah posting ane yang bener2 singkat.ya namanya jg awalan tahun,yang singkat-singkat aja dulu.semoga bermanfaat buat anda semua.

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar